Menu Sahur Praktis, Cek Resepnya Deh

Halo halo semuanya, masih semangat kan puasanya. Kalau sahurnya masih semangat ngga nih? Nah yang paling dicari dan dinantikan oleh para kaum ibu-ibu di bulan puasa gini tuh, menu sahur simple praktis ngga pake ribet dan tetap membuat penghuni rumah semuanya bersemangat untuk santap sahur.

Duh memang ya, luar biasa banget bangun sahur, mata masih super berat lalu disiapkan untuk menerima asupan makanan dan mungkin aja waktu itu tuh kita lagi ngga ada rasa laparnya haha. Tapi masya Allah, maha pemberi nikmat, Allah memberikan pahala bagi siapapun yang menjalankan makan sahur, walaupun hanya seteguk air mineral dan buah kurma.

Jujur kadang aku tuh pengen banget makan sahur yang ringan di perut kayak overnight oatmeal tapi belum terlaksana karena ngga sempet mulu mau ngbuatnya dan inget pas udah bangun sahur, ya mana bisa brouuu. Paling siasat aku tuh akan makan dengan porsi dikit aja, sisanya aku makan 3 buah kurma dan cukp air mineral.

Karena sejak resign dari kantor yang full time, aku jadi rajin banget scroll dan catetin akun-akun food preparation, resep simple, resep tanggal tua tapi tetap mewah atau resep anak kosan. Ini tuh insightful banget sih menurut aku, karena aku nemu menu sahur praktis dan simple buat kalian yang pastinya pengen makan yang menyegarkan dan tetap lezat.

Menu ini hasil recook aku dari akun food di reels instagram. Jadi ini tuh semacam acar mentimun gitu dan telor dadar. Untuk timunnya ini di potong tengah (bagi jadi 2), lalu mulai diserut menggunakan sendok aja. Aku pakai 3 buah mentimun, dan hasilnya cukup sih buat makan berdua sama suami.

Setelah diserut pakai sendok, tambahkan air, potongan cabai rawit dan bawang merah serta berikan garam, kaldu atau merica dan koreksi rasa, ya. Menurut aku pertama kali coba sih kayak hambar gitu loh, dan ya oke deh nanti kita makannya bareng sama telor dadar.

Ketika telor dadarnya siap (ini aku ngga pakai daun bawang karena lupa haha), dan pakai nasi hangat juga. Saat mulai menyendok, ini tuh kayak kuah hambar aja dan sedikit ada rasa asin gurih dan dominasi rasa khas mentimun dan mirip banget sama acar sih, fix.

Mentimunnya udah ngga perlu diolah atau di masak pakai kompor dan semacam dibuat sayur bening, ini seperti resep andalan ibu mertua untuk menu sahur praktis nya tapi aku belum berhasil membuat seenak beliau haha. Menurut aku ini makan cukup segar dan memudahkan mengunyah saat kita sahur sih, itu aja intinya. Aku kalo liat ekspresi suamiku santap sahur, 80% dia menyuapi dirinya sendiri dengan mata terpejam dong. Ngakak banget tapi dia suka tiba-tiba ngambek kalo aku ledekin kayak gitu ahaha.

Dan mentimun ini jadi sayur andalan saat sahur adalah karena kandungan kadar air yang cukup banyak dan mampu mengoptimalkan kondisi tubuh saat berpuasa yang mungkin saja mengalami dehidrasi.

Tapi dengan aku recook sayur timun di atas tadi, aku jadi belajar hal baru dan nemu resep baru yang cocok aku coba dan ini udah jadi menu sahur praktis dan ngga perlu siapin nyalain kompor dll nya. So happy! Kalian ada yang team suka sahur pakai sayur bening khususnya mentimun? Share di kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar