Puasa? Lakukan Kegiatan Bermanfaat Ala Grandys

Halo semuanya! Bismillah kali ini aku mau sedikit membagikan hal-hal yang biasanya dilakukan saat bulan puasa dan bisa mendulang atau setidaknya memberikan pundi-pundi pahala.

Sadar betul ya, aku sebagai manusia saat bulan Ramadan ini tuh ngerasa dosa setumpuk gunung, bukan lagi setumpuk cucian laundry. Sedih dan sering flash back nya tuh pas sadar umur aja, wow gila ya udah umur 28 tahun gue ini tapi kok…..

Dan berlanjut kepada overthinking yang tidak berkesudahan dan kalau ini muncul di pertengahan jam-jam mau tidur, biasanya malah keasyikan buat mikirin dan ngga bisa tidur. Aduh aku kok malah curcol hehe. Untuk di bulan Ramadan ini, jujur aja seminggu awal tuh aku bikin buku track record selama Ramadan.

Eh pas udah masuk minggu ke dua Ramadan gitu, mulai kendor, dor dan dooooorrrrrr haha. Tapi yang aku paling highlight sih beberapa kegiatan berikut ini aku sangat terus usahakan untuk dilakukan selama bulan Ramadan karena aku merasa manfaatnya luar biasa.

  1. Khataman Al-Quran

Membaca Al-Quran saat masa-masa masih single, masih sibuk kerja untuk diri sendiri dan masa depan tuh sangat beda ya sama kondisi saat setelah menikah. Walaupun aku sama suami qodarullah masih berdua nih, tapi aku kok merasa kayak susah banget atur waktu nya untuk bisa one day one juz. Ya Allah kadang tuh sedih banget pas udah habis solat tarawih, trus sadar diri kalau belum sampai one juz di hari ini. Akhirnya aku pakai strategi setiap solat subuh sampai pukul 6 pagi tuh aku harus bacaan Al-Quran dan menjaga agar mata ini tidak terlelap.

2. Masak makanan berbuka

Aku merasa menyiapkan makanan berbuka puasa ini dengan cara memasak atau sekadar menghangatkan makanan, insya Allah ada berkah di dalamnya. Ini tuh salah ikhtiar aku sih saat bulan Ramadan ini. Aku jadi lebih menghargai dalam semua tipe makanan dan juga aku belajar mengolah makanan dengan budget sekian-sekian dan juga hidup on budget tidak boros. Entah kenapa sih, lebih suka makan di rumah banget, walaupun makan tahu tempe sama kangkung, ini tuh lezatnya jadi tiada duanya deh. Aku malah ogah-ogahan saat diajak makan di luar sih. Trus kegiatan masak ini aku jadi bisa explore makanan atau resep baru dan ini biasa aku temukan saat scroll dari Instagram.

3. Mengikuti challenge blog atau konten

Saat ini aku lagi menyemangati dan ngomporin diri aku buat semangat yok bisa yoook ngonten untuk mengukir cerita atau pengalaman. Sesimple itu, agar setiap hari nya kita dilalui bermakna dan juga ada rekam jejak yang sekarang bisa diabadikan dengan sebuah konten. Challenge kayak gini tuh berasa dipecut aja ya, buat tetap ikut timeline kapan harus post dan benar-benar mengeluarkan sisi originalitas diri kita untuk menunjukkan ya siapa diri kita.

4. Olahraga

Aku lagi meniatkan lagi dan memecut diri untuk setiap pagi rajin berolahraga. Sering ditampar sama keadaan dan mendengar beberapa informasi kesehatan dari orang sekitar dan rasanya aku ngga mau berakhir dengan banyak keluhan sakit. Ya ini tuh berawal dari aku yang ngga rajin berolahraga dan saat aku konsultasi dengan obgyn ku, aku disarankan untuk bisa berkeringat setiap harinya. Mau itu olahraga 10 menit kek, 20 menit, intinya harus mengeluarkan keringat. Kalau misal untuk beberes rumah sudah berkeringat, ini sih belum cukup ya, karena ya aku harus ada set time yang benar-benar berolahraga. Dan sekarang alhamdulillah udah nemu channel Youtube untuk bisa aku rutin olahraga dan itu membakar kalorinya luar biasa sih aku rasain.

5. Berlomba-lomba melakukan kebaikan

Mungkin aku sedikit aja ya bahas point ini karena aku sebenarnya tidak ingin membahas lebih lanjut, karena ditakutkan menjadi berlebihan dan berujung ria. Insya Allah di bulan puasa ini akan berlipat pahalanya dan ramadan ini terjadi selama 30 hari dalam satu tahun, menganggap ini adalah ramadan terakhir merupakan keputusan yang baik agar tidak menyia-nyiakan waktu yang terlewati. Dengan menolong orang lain, berbagi kepada sesama full benar-benar dilakukan di bulan yang penuh berkah ini.

Yeaaay, terima kasih banyak telah menemani dan juga membaca obrolan tengah malam dalam balutan postingan blog kali ini. See you another blog post!

Tinggalkan komentar